Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Monday, May 11, 2009

Penanganan Bayi Prematur

Sebuah anugerah yang luar biasa saat bayi anda lahir dengan sehat, selamat serta lahir sesuai perkiraan sebelumnya. Namun bagaimana jika bayi anda terlahir prematur? Tentu semua itu tak akan merubah kebahagiaan anda. Yang perlu anda cermati ialah bagaimana menangani bayi prematur ini. Sobat bunda tidak perlu berkecil hati saat anda harus melahirkan bayi sebelum waktunya (prematur) karena yang terpenting dari semuanya ialah bayi anda dapat lahir dengan selamat.

Terjadinya persalinan premature ini dipicu oleh beberapa faktor diantaranya ialah infeksi saluran kemih berulang atau adanya bakteri dalam urine. Selain itu, kmplikasi yang dialami ibu berupa kelainan bentuk rahim disaat kehamilan, kehamilan kembar dan ketuban pecah dini juga dapat menjadi faktor penyebab persalinan premature ini.

Karena bayi harus dikeluarkan sebelum cukup umur, maka ini turut mempengaruhi berat badan normal bayi. Bayi prematur biasanya lahir dengan berat badan rata-rata dibawah 2 kiloggram. Selain itu organ tubuh bayi juga belum dapat berfungsi secara optimal. Ini merupakan masa-masa kritis dan rawan bagi bayi dan dapat terlewati jika berat badan bayi sudah mencapai lebih dari 2 kilogram.

Bayi prematur membutuhkan penanganan yang serius dan harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kemungkinan terburuk karena metabolisme tubuh yang belum sempurna. Begitu lahir, bayi prematur sebaiknya diletakkan di tempat yang keadaannya seperti di kandungan ibunya yang hangat agar suhu tubuhnya stabil. Jika suhu tubuh bayi rendah. Maka dapat mengakibatkan kematian.

Setelah bayi lahir, ia harus dibersihkan dan kemudian diletakkan dalam inkubator untuk mempertahankan suhu tubuh normal yaitu 36-36,4 derajat celcius suhu axiela (pengukuran uhu di ketiak ) dan 36,5-37,5 derajat celcius suhu rectum (pengukuran suhu di anus).

Selain inkubator, kini juga telah ada metode baru yang disebut dengan metode ‘kangguru’. Aneh bukan kedengarannya?tapi inilah metode terbaik selain inkubator yang dapat dilakukan sang ibu sendiri terhadap bayinya yang prematur.


Sesuai dengan namanya, metode kangguru ini menerapkan fungsi yang sama seperti yang dilakukan hewan kangguru dalam melindngi anaknya. Tujuan dari metode ini ialah untuk mempertahankan suhu tubuh bayi agar selalu stabil. Ini bisa terjadi karena saat suhu tubuh bayi dingin, maka sang ibu bisa menghantarkan panas tubuhnya kepada sang bayi agar merasa hangat. Sebaliknya, jika suhu tubuh bayi panas maka ia dapat menghantarkan panas tubuhnya kepada ibunya agar suhu tubuhnya kebali normal.

Mengapa menggunakan metode kangguru? Karena metode ini menggunakan suhu tubuh ibu. Suhu ibu merupakan sumber panas yang efisien dan potensial dan murah. Hal ini juga berkenaan dengan suhu optimal yang bisa didapatkan lewat skin-to-skin contact antara ibu dan bayi.

Lalu bagaimana caranya? Tidak begitu sulit kok. Sobat bunda dapat menggendong sang bayi di depan dada. Hal ini dilakukan agar perhatian sang ibu terhadap sang bayi lebih intensif terutama dalam hal menyusui ASI. Sobat bunda bisa mengenakan kain popok bayi dan tutup kepala pada bayi baru lahir, kemudian bayi diletakkan di antara payudara sang ibu dan ditutupi baju ibu yang berfungsi sebagai kantong kangguru.

Jika ibu dalam posisi berdiri, maka bayi diposisikan tegak. Sedangkan jika ibu sedang berbaring maka bayi dapat diposisikan miring atau tengkurap. Metode ini harus dilakukan sepanjang hari dan dapat dilakukan oleh ibu atau anggota keluarga lainnya seperti ayah, tante, nenek, dsb.

1 comment:

  1. Terima kasih bu, artikelnya sangat bermanfaat.. (Dani-Sumedang)

    ReplyDelete

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE