Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Saturday, May 9, 2009

Mengenali karakter anak

Sobat bunda, melihat perkembangan buah hati kecil yang semakin pintar aja tentu membuat sobat bunda semua bahagia. Tiap anak memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda satu sama lain, ada yang pemalu, ada yang pemberani, ada yang mudah ngambek dan ada tipe yang sensitif. Lalu bagaimana cara menanganinya?sobat bunda tak perlu takut akan perbedaan karakter tersebut. Justru sebaliknya, dengan mengenali jenis karakter anak anda maka akan memuluskan anda untuk menaklukkan jagoan atau ratu kecil anda. Yang perlu diingat, beda karakter beda pula cara menanganinya.
Si Pemalu / Mudah takut
Anak pemalu biasanya sering tak mau lepas dan mudah gelisah. Hal ini dikarenakan dia tidak/belum memiliki keberanian untuk mengeksplorasi dunianya. Anak cenderung mengikuti orangtuanya kemanapun orangtuanya pergi. Untuk anak tipe pemalu sebaiknya jangan paksa dia berinteraksi dengan orang lain. Jangan pula terlalu mengisolasi dia dari orang lain. Dengan lembut perkenalkan dia pada situasi lingkungan sekeliling yang baru. Namun di waktu tertentu cobalah sobat bunda mengajak dia untuk bertemu orang baru,agar sedikit demi sedikit ia bisa merasa nyaman berada di antara banyak orang. Sobat bunda juga bisa mengajarkan si kecil untuk kiss bye ketika sobat bunda harus berangkat kerja.
Si Mudah Ngambek
Anak yang mudah ngambek biasanya memiliki ciri-ciri suka semaunya sendiri, sering menangis dan mudah kesal. Nah, untuk menangkan tipe ini gampang-gampang susah karena anak dengan sifat seperti ini biasanya mudah marah jika kita salah bersikap, jadi cobalah lebih sabar dengan si kecil. Cobalah anda memberikan transisi di antara berbagai kegiatannya. Jangan terlalu sering menyuruhnya melakukan berbagai aktifitas di waktu yang sama. Jika sedang berjalan-jalan bersamanya, jangan biarkan dia menyentuh banyak mainan atau buku di toko bila anda tak membelinya. Disiplinkanlah dia pada rutinitas yang menenangkan.
Saran bunda, dalam bermain hendaknya berikan mainan-mainan yang tidak susah diutak-atik dan cobalah beranjak dari permainan atau situasi yang asyik dan menenangkan ke permainan yang lebih menantang sedikit. Perubahan dari suatu rutinitas juga bisa dilakukan agar dia tidak bosan dengan rutinitas yang itu-itu aja.

Si Sensitif
Gampang resah dan gampang rewel adalah ciri-ciri dari anak sensitif. Hindari kain-kain yang gatal seperti bahan wol dan gunting label pakaian yang bisa mengganggunya. Pilih tempat belanja terdekat jika anda hendak mengajaknya belanja karena anak dengan tipe ini mudah ngambek dan berapi-api.Untuk si kecil, berikanlah pakaian yang nyaman dan jangan biarkan si kecil merasa terlalu panas atau terlalu dingin serta hindari lingkungan yang berisik atau tempat yang terlalu terang.
Si Ceria
Ciri-ciri anak yang ceria/periang antara lain tidak mudah rewel dan mudah tersenyum hingga tertawa lebar. Anak dengan tipe ceria seringkali disebut sebagai malaikat atau anak idaman karena ia bisa membuat orang-orang disekelilingnya terkesima dengan senyum dan tawanya. Nak tipe ceria ini jarang sekali membutuhkan penanganan khusus. Namun ingat ya sobat bunda, bahkan anak yang paling manis pun sesekali bisa rewel jika ia menemukan kondisi yang tidak ia senangi semisal ia sedang sakit.
Si Aktif
Ini dia nie tipe anak saya, rizqi. Biasanya anak tipe ini memiliki ciri-ciri maunya bergerak terus alias tak mau diam. Hal ini mungkin yang seringkali membuat sobat bunda jadi pusing. Gimana engga, waktu diamnya hanya jika ia sedang tertidur, sedangkan waktu bangunnya dipergunakan untuk bermain dan bermain.
Nah, kalo urusan jalan-jalan, anak tipe aktif pasti yang paling tidak mau ketinggalan. Namun saat menempuh perjalanan yang sangat jauh, jangan biarkan si kecil hanya diam di kursinya aja. Sering-seringlah berhenti agar dia tidak bosan hanya duduk di kursinya aja. Sediakan mainan serperti boneka atau bola. Mendengarkan music ataupun menonton film kesayangannya di mobil pun bisa menjadi alternatif hiburan baginya selama dalam perjalanan. Hal ini untuk mengimbangi energinya yang seolah tak terbatas. Saran bunda, sesekali ajarkan dia untuk duduk diam selama beberapa waktu tertentu, misalnya saat di kursi makan atau saat ada acara penting seperti ketika doa bersama saat dia ulang tahun..

Comments :

0 komentar to “Mengenali karakter anak”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE