Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Wednesday, April 15, 2009

Tips menjadi SUPERDAD


Tips menjadi SUPERDAD


Gunakan metode 3-1. Untuk setiap hal/kata-kata negatif yang terlanjur terucap di depan anak, anda harus mengimbanginya dengan 3 topik positif
  • Sebelum mengambil keputusan yang menyangkut anak, tanyakan apa yang mereka inginkan/pikirkan. Ingat, ini tentang anak, bukan tentang anda.
  • Berikan pujian dengan jujur untuk setiap usaha yang telah dilakukan anak.
  • Usahakan selalu terlibat dalam perkembangan anak. Baik perkembangan fisik, emosi, sampai urusan sekolah.
  • Ajari anak untuk selalu berlaku hormat pada orang lain.
  • Ayah hendaknya memiliki kesabaran ekstra. Selepas beraktifitas di tempat kerja, hadapi tingkah laku si kecil dengan fun. Terkadang tingkah menjengkelkan sang buah hati hanya demi mencari perhatian setelah seharian tidak bertemu sang ayah.

  • Hadapi kerewelan anak sakit dengan perhatian. Tunjukkan kepedulian akan ketidaknyamanan yang dialami anak. Bacakan buku cerita atau kompreslah tubuhnya yang hangat.
  • Teguhkan komitmen bahwa anada adalah pengasuh bagi anak-anak. Untuk itu, cipatakan kedekatan hubungan dengan memberikan perhatian yang maksimal bagi mereka. Perhatian terhadap sang buah hati tidak hanya terbatas pada pemenuhan kebutuhan materi semata., tetapi juga memenuhi kebutuhan psikologisnya (ketenangan dan perasaan nyaman). Dari sinilah hbungan harmonis antara ayah dengan anak akan terjalin erat.
  • Utamakan waktu yang berkualitas. Terkadang kesibukan memasung anda hngga tidak punya banyak waktu bagi anak. Siasati dengan selalu memenuhi ajakan bermain anak meski hanya dalam 10 menit yang tersisa. Percayalah, keceriaan dan kehangatan saat bermain dengan ayah meninggalkan kesan yang akan bertahan dalam waktu lama; tidak 10 menit, tidak satu jam, tetapi bertahun-tahun hingga anak tumbuh dewasa.
  • Menahan ego dengan memahami keinginan anak. Berikan kesempatan pada anak untuk memilih aktifitas yang ingin dia habiskan bersama ayah. Jangan meminta anak untuk mengikuti kegiatan (hobi) orangtua, tapi ikutilah hobi si kecil.

Comments :

0 komentar to “Tips menjadi SUPERDAD”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE