Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Wednesday, April 15, 2009

demam dan nafsu makan...

Meningkatkan nafsu makan anak yang sedang sakit

Demam adalah salah satu bentuk reaksi tubuh dalam melawan penyebab penyakit. Biasanya pada kondisi demam anak tidak nafsu makan antara lain karena lidah terasa pahit, badan lemas, dan badan terasa tidak nyaman. Untuk menyiasati lidah yang terasa pahit sobat bunda bisa memberikan madu atau makanan manis. Tetapi yang perlu diingat, justru pada kondisi demam perlu penambahan kebutuhan energi dan cairan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh akibat kenaikan suhu tubuh diatas normal tersebut. Bentuk yang dianjurkan adalah banyak cairan baik dalam bentuk susu, atau minuman segar lainnya. Susu sebagai sumber energi dan protein bias diberikan sebagai bahan dasar makanan yang dicampur dengan tepung-tepungan.

Pemberian makanan tinggi energi dan tinggi protein dapat disiasati dengan membuat bubur susu atau fla susu, pudding susu buah, juga pemberian protein hewani lain seperti telur atau daging ayam yang dimasukkan dalam snack ataupun lauk. Susu harus tetap diberikan, terutama susu formula yang mengandung imunitas seperti prebiotik inulin. Prebiotik inulin adalah serat makanan alami yang merangsang pertumbuhan baik di saluran cerna untuk memperkuat daya tahan tubuh secara alami.

Buatlah menu nmenarik dan disukai anak dengan penyajian yang membangkitkan selera makan. Biasanya setelah demamnya hilang dan gejala lainnya berangsur hilang, nafsu makan juga akan kembali asal ibu sabar untuk memberikan makanan yang menarik dan membujuknya untuk makan agar cepat sembuh atau berikan reward apabila makanan dan minumannya bisa dihabiskan.

Comments :

0 komentar to “demam dan nafsu makan...”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE