Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Friday, March 27, 2009

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)



hehe..paling lucu deh kalo liat iqi lagi mo bobo..selain ga bisa diem, cara tidurnya juga "terbilang aneh"..gimana ga?kalo belum tengkurep sambil melukin "guling busuknya", iqi pasti belum bisa tidur nyenyak.. pertama sie santai2 aja ngeliat gaya iqi itu, tapi setelah baca artikel tentang tidur tengkurap..duuh...jadi sedikit worried juga nie... semoga iqi ga terus2an tidur tengkurep dech...mendingan tidur sambil meluk bundanya hehe...



TIDUR TENGKURAP BISA SEBABKAN MATI MENDADAK.???



Si kecil senang tidur tengkurap?hati-hati sobat bunda!Jika tanpa pengawasan bukan tak mungkin bayi anda akan terkena Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Benarkah ada hubungan antar posisi tidur dengan risiko bayi mengalami SIDS? Lantas nasih adakah keuntungan posisi tengkurap bagi si kecil atau bahkan lebih banyak bahayanya?



SEKILAS TENTANG SIDS



SIDS adalah suatu kematian mendadak dan tidak terduga pada bayi yang tampaknya sehat. Penyebabnya tidak diketahui dan tidak ada gejala yang mendahului terjadinya SIDS. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa SIDS lebih sering terjaid pada bayi yang tidurnya tengkurap dibandingkan dengan bayi yang tidurnya tidak terlentang atau miring. Karena itu sebaiknya bayi ditidurkan dalam posisi terlentang atau miring. Risiko terjadinya SIDS juga ditemukan pada bayi yang pada saat tidur wajahnya menghadap ke kasur (tengkurap) atau menghadap selimut lemput/empuk, karena badan akan melesak ke dalam benda yang lembut sehingga jalan nafas kemungkinan dapat tertutupi. Karena itu sebaiknya bayi ditidurkan diatas kasur yang padat dan sedikit keras.



KEPALA RATA HANYA SEMENTARA



Meskipun tidur terlentang amat sangat disarankan, namun demikian terlampau sering tidur terlentang atau pada satu sisi saja akan menyebabkan kepala bayi rata. Kejadian kepala bayi rata karena kebanyakan tidur dengan posisi terlentang semakin meningkat sejak tahun 1990-an karena adanya kasus SIDS atau kematian bayi mendadak yang banyak ditentukan karena pada bayi yang ditidurkan pada posisi tengkurap. Sehingga banyak orangtua yang menidurkan bayinya dengan posisi telentang untuk mengurangi kemungkinan SIDS ini.



Faktanya, bayi terlahir dengan tengkorak yang lembut dan masih bisa berubah bentuk. Dengan alasan ini, bulan-bulan pertama bayi harus diperhatikan posisi kepalanya. Kepala bayi rata atau istilahnya peyang atau gepeng merupakan suatu kondisi yang terjadi karena pada saat bulan-bulan pertama bayi lebih banyak menghabiskan waktunya dengan posisi tidur telentang. Dan karena kepala bayi masih sangat lembut maka penekanan akan menyebabkan kepala bayi menjadi rata pada satu sisi secara temporer atau tidak menentap.



Jadi anda tidak perlu khawatir karena keadaan kepala bayi yang tidak rata tidak menetap. Keadaan ini akan kembali normal dengan sendirinya suatu saat ketika bayi anda sudah mulai banyak bergerak., kepala sudah mulai kuat, mulai merangkak dan lain sebagainya.



FAKTA TENTANG TENGKURAP



Tengkurap ada juga manfaatnya!!


Meskipun posisi bayi tengkurap mengandung banyak kontroversi, namun ternyata posisi tengkurap tetap memiliki banyak keuntungan lho sobat bunda! berikut di antaranya :

  • Memberikan kesempatan beristirahat untuk bagian belakang kepala bayi
  • Membantu menguatkan otot-otot keher bayi sebagai persiapan untuk merangkak
  • Membantu memepercepat kemampuan bayi untuk mengangkat pantat, berguling, duduk, hingga akhirnya berdiri.
  • Membantu memperbaiki perkembangan motorik bayi
  • Membantu perkembangan otot-otot kaki

VARIASI TENGKURAP YANG AMAN PADA BAYI

  • Letakkan bayi anda dengan posisi tengkurap diatas perut anda yang sedang berbaring.
  • Tengkurapkan bayi anda pada alas yang padat dan aman, seperti di atas selimut di lantai.
  • Gendong bayi anda pada lengan dengan posisi tengkurap.
  • Tengkurapkan bayi anda di atas bola besar dengan terus dipegang bagian punggung dan pantatnya. Anda bisa memaju-mundurkan bola perlahan-lahan.
  • Tidak menyimpan benda-benda empuk di sekitar bayi yang sedang ditengkurapkannya, misalnya bantal, guling, atau boneka empuk. Tertidut di alas yang terlalu empuk memungkinkan badan si kecil 'tenggelam' dan menutupi lubang hidungnya.
  • Bila selimut dirasakan perlu, pasang hingga batas dadanya dan selipkan ujung-ujungnya dibawah kasur. Atau berikan pakaian yang lebih tebal, sehingga tidak diperlukan selimut.
  • Jika si kecil tertidur dalam keadaan tengkurap jangan biarkan ia sendirian dan tidak terawasi. Dianjurkan lama waktu tengkurap yang aman adalah sekitar 30 menit. Balikkan badan bayi yang sedang tidur ke posisi telentang kembali.

TIPS ATASI KEPALA RATA


Bayi sebaiknya tidur dengan posisi telentang tetapi posisi kepala mereka sebaiknya berubah. Berikut beberapa saran dari American Academy of Pediastric (AAP) untuk mengurangi resiko kepala rata. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi terjadinya kepala rata adalah :

  • Kurangi menghabiskan waktu dalam kereta dorong dimana akan memberikan tekanan pada bagian yang sama yaitu kepala ketika tengah tidur dengan posisi telentang.
  • Hindari bayi terlalu sering menyandar pada satu sisi di tempat-tempat lainnya seperti ayunan, stroller, atau carseat.
  • Secara bertahap ubahlah pandangan atau arah orientasi bayi anda ditempat tidur sehingga tidak fokus pada satu arah saja. Misalnya bayi hanya selalu meluhat ke arah kanan yang terdapat mainannya, maka cobalah untuk merubah pusat perhatiannya dengan meletakkan mainannya berpindah arah sehingga bayi membalikkan kepalanya ke sisi lainnya.

Comments :

0 komentar to “Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE