Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Wednesday, May 13, 2009

Penanganan tepat Demam Dengue

Apa yang dimaksud dengan Demam Dengue?


Infeksi Dengue disebabkan oleh virus. Biasanya muncul dalam bentuk demam. Kadang-kadang pasien yang menderita Dengue akan mengalami pendarahan. Daerah-daerah pendarahan yang umum terjadi adalah hidung, gusi atau kulit. Terkadang pasien mengeluarkan muntah hitam seperti kopi dan juga tinja berwarna hitam. Ini emnandakan adanya pendarahan pada pencernaan yang serius.

Pasien Dengue terjadi setelah seseorang digigit nyamuk Aedes Aegypti yang terinfeksi. Nyamuk jenis ini mempunyai bintik-bintik putih pada badan dan kakinya yang mudah dikenal orang biasa. Nyamuk ini mendapatkan virus Dengue setelah menggigit orang yang terinfeksi virus Dengue.


Kapan kita harus mencurigai Dengue ?


Dengue harus dicurigai pada saat kita terkena demam secara mendadak. Demam tinggi sekitar 39-40 derajat celcius yang disertai sakit kepala hebat (umumnya di dahi), sakit di belakang mata, badan ngilu dn sakit, bercak merah di kulit serta mual atau muntah.


Demam akan terjadi selama 5-7 hari. Pada beberapa pasien, panas akan turun di hari ke-3 atau ke-4 tetapi hari berikutnya naik lagi. Semua gejala dan tanda-tanda di atas terkadang tidak timbul pada penderita. Pasien merasa sangat tidak nyaman setelah sakit.

Bagaimana pengobatannya? Dapatkah disembuhkan?


Seperti juga penyakit virus lainnya, tidak ada pengobatan khusus untuk meredakan Demam Dengue. Penanganan yang tepat dan baik dapat meredakan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi buruk dan kematian.

Note : Pilih obat demam yang tepat. Parasetamol (yang dapat dibeli juga dengan tanpa resep) adalah obat pilihan utama untuk menurunkan panas dan sakit sendi paa Demam Dengue. Obat lain seperti Asam Asetilsalisilat dan Ibuprofen sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan resiko pendarahan dan terjadinya nyeri lambung.* Source WHO, Diagnosis, Treatment, Prevention and Control, 1997

Comments :

0 komentar to “Penanganan tepat Demam Dengue”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE