Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Wednesday, May 13, 2009

Langkah-langkah memperkenalkan menu makanan pada anak






Tahukah sobat bunda, memperkenalkan variasi menu pada anak sejak dini akan memudahkan pemberian menu makanan yang bervariasi di kemudian hari. Rahasianya, kenali dulu beberapa istilah di bawah. Lalu ikuti la ngkah-langkah selanjutnya yang mudah.






Langkah 1



Kenali jenis-jenis bahan makanan yang akan anda berikan. Umumnya bahan makanan dibagi menjadi :






Sumber zat tenaga.



Makanan yang megandung karbohidrat dan lemak, berfungsi sebagai sumber energi untuk mendukung aktivitas dan pertumbuhan si kecil. Bahan makanan ini banyak terdapat pada jenis tumbuhan serealia (padi, gandum, jagung, sorgum).



Sumber zat pembangun






Makanan yang mempunyai banyak kandungan protein. Fungsinya untuk pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru, enzim, hormon, antibodi, dan memelihara keseimbangan asam dan basa cairan tubuh. Banyak terdapat dalam kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, telor, daging, ikan, dsb.



Sumber zat pengatur (Terdiri dari air, mineral dan vitamin)




Air sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat muntah dan diare berat. Mineral secara garis besar berguna dalam proses pembentukan tuang dan gigi, perkembangan sel-sel syaraf otak, pertumbuhan jaringan otot serta mencegah infeksi






Mineral, antara lain Kalsium (Ca), Fosfor (P), Magnesium (Mg), Natrium (Na), kalium (K), Zat Besi (Fe), dan Yodium (I), bisa didapatkan dalam susu dan hasil olahannya (keju), sayuran berdaun hijau tua (terutama brokoli, bayam dan kangkung), kacang-kacangan dan serelia, hati, daging sapi, kuning telur, buah-buahan, kentang, roti, bahan makanan laut, serta bahan pangan olahan seperti daging kalengan. Sedangkan






Vitamin, berperan dalam proses metabolism tubuh dan membantu bayi tumbuh sehat.



Langkah 2






Kenali umur bayi anda, untuk memastikan kemampuan organ pencernaannya. Tahap-tahap pemberian makanan bagi bayi di bawah 1 tahun adalah sebagai berikut:



Umur Jenis dan Frekuensi

0-3 bulan ASI sekehendak hati


3-4 bulan ASI sekehendak hati
Buah, 1-2 kali
Makanan Lumat, 1-2 kali

6-9 bulan ASI sekehendak hati
Buah, 1-2 kali
Makanan lumat, 1-2 kali
Makanan Lembek, 1 kali
Telur, 1 kali

9-12 bulan ASI/susu sapi penuh
2 kali buah, 1-2 kali
Makanan Lumat, 1 kali
Makanan Lembek, 2 kali
Telur, 1 kali


Langkah 3


Banyak ,mencoba dan bereksperimen dalam menyusun menu untuk si kecil. Pahami rahasia penggantian bahan makanan. Misalnya mengganti beras dengan roti, kentang, labu, dsb. Juga mengganti ayam dengan ikan, atau bayam dengan kangkung.



Langkah 4


Cobalah menu berikut!

Buah : Pisang kerok

Variasi :

Pisang kerok + Jeruk bayi yang diperas, Jus papaya, Sari tomat.
Makanan Lumat : Bubur Susu
Variasi :
Bubur Susu+ Jeruk bayi yang diperas
Bubur Susu + Sari tomat

Bubur Susu + Apel lumat

Note: Pengertian Istilah-istilah

Variasi : metode mengganti makanan dengan jenis yg makanan yang mengandung sumber gizi yang sama. Contohnya seperti mengganti beras dengan kentang atau labu kuning. Mengganti ayam dengan daging cincang, ikan atau hati. Mengganti bayam dengan wortel, kangkung, atau daun ubi muda.

Makanan Lumat : Makanan yang diberikan kepada bayi dalam bentuk halus/lumat. Contohnya : Bubur susu.
Makanan lembek : makanan yang diberikan ada bayi dalam bentuk lebih padat dari pada makanan lumat. Contohnya : Nasi Tim.
ASI (Air Susu Ibu)
Merupakan sumber gizi terbaik yang diperlukan untuk dapat tumbuh baik selama 6 bulan pertama. Mempunyai kandungan semua gizi sekaligus antibodi. Tidak memberatkan fungsi saluran pencernaan dan ginjal, ekonomis, praktis serta higienis. Dapat mewujudkan hubungan kasih sayang antara ibu dan buah hatinya.

Telur
Berikan secara bertahap. Mula-mula berikan bagian kuningnya, kemudian putihnya. Bila tidak ada tanda-tanda alergi dapat diberikan secara utuh. Bila ada tanda-tanda alergi tangguhkan pemberian telur sampai usia 1 tahun.

Comments :

0 komentar to “Langkah-langkah memperkenalkan menu makanan pada anak”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE