Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Sunday, May 17, 2009

MotoGP 2009 Le Mans (Perancis)


Very dissapointed.. itulah ucapan yang pertama kali terucap saat kegagalan kembali dialami rider handalan saya Valentino Rossi. Entah kecewa ma penampilan Rossi malam tadi, atau kecewa dengan kondisi sirkuit dan cuaca pada balapan kali ini. Terlebih saya sudah menunggu momen ini sejak seri ke-3 di Motegi kemarin.


Grand Prix de France ini adalah sirkuit yang digunakan dalam seri ke-4 MotoGP 2009. sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4180 m dan lebar lintasan. Sirkuit ini konon terkenal juga dengan medan yang sulit. Wet and dry race ini cukup membuat sebagian rider jatuh bangun saat babak kualifikasi. Di posisi start satu ialah Dani Pedrosa dan menyusul diurutan berikutnya Lorenzo, Stoner, Rossi dan Andrea Dovizloso.


Saat race dimulai, melaju dengan kencang Pedrossa di posisi pertama diikuti Lorenzo dan stoner. sedangkan Rossi seperti biasa, mengambil jarak di posisi ke-4 dengan kecepatan yang standar untuk mencoba menilai lintasan. jika ia telah mengetahui medan, barulah ia bisa menentukan performanya.


Rossi berhasil menempatkan posisinya di yang ke-2 pada lap ke-3 dibawah Lorenzo.Masih dalam jangkauan Lap ke-4 Rossi langsung memutuskan untuk masuk pit dan mengganti motornya. keputusan yang salah karena sepertinya Rossi salah memprediksi kali ini. hal ini terbukti dengan insiden terjatuhnya Rossi di Lap ke-6. Meski begitu Rossi tak patah arang. Banyak pengamat memprediksikan Rossi akan mencapai 99 kali kemenangannya di sirkuit Le Mans ini. Namun kali ini, prediksi itu harus melesat jauhh dan bahkan tak akan terwujud di seri ke-4 MotoGP 2009 ini karena pada lap ke-10, Rossi dinyatakan didiskualifikasi dari sirkuit karena melakukan kesalahan yaitu melajukan kecepatan motornya saat di area Pit. Ini artinya seluruh penggemar Rossi harus mengalami kekecewaan tadi malam.


Two thumbs up for Lorenzo. meski sempet diungguli Pedrossa pada lap-lap awal, toh rider yang satu ini tetap bisa mempertahnkan keunggulannya to be the 1st winner. dari awal lap, Lorenzo memang yang terlihat eksis memeprtahankan posisinya saat berhasil meraih posisi pertama sejak lap ke-3 bergulir. Kemantapannya pun dibuktikan pula dengan masuk Pit saat lap ke-5 dimana rider-rider lain justru lebih awal memasuki pit. ini membuktikan bahwa Lorenzo mampu

menguasai sirkuit sejak awal lap. Tak heran Lorenzo bisa melesat jauh dan menyisakan jarak waktu yang cukup signifikan dari rider-rider lain dibelakangnya.


Marco melandri, rider yang sempat diragukan penampilannya oleh para pengamat sport, benar-benar memberikan penampilan yang ekstra hebat di sirkuit Le Mans ini. Bagaimana tidak, Melandri tidak putus asa hanya karena start grid dari posisi yang begitu jauh di belakang (start grid 9th) , akhirnya Melandri mampu menyusul ke depan dan mentahtakan posisi Runner Up saat akhir balapan. Bravo untuk Melandri.


Untuk Dani Pedrosa yang pada awal lap sempat berada di posisi pertama hingga 2 lap berikutnya akhirnya harus puas berada di posisi ke-3. Ini hasil yang cukup memuaskan, karena sempat di beberapa lap ia harus beradu dengan tim sesamanya, Davizloso dan sempat terlempar jauh dari posisi 3 besar setelah memasuki pit di lap-lap berikutnya.


Sedangkan secara mengejutkan, rider Andrea Dovizloso yang pada awal pertandingan berada diurutan belakang langsung dapat melaju kedepan ke posisi 4 besar saat lap ke-12 dan berhasil mempertahankannya hingga akhir balapan meski sempat beberapa kali bertukar posisi dengan Marco Melandri, Stoner ataupun Vermeulan.


Stoner yang mendaulat no harus puas kali ini hanya berada di posisi buncit lima besar. Meskipun pada awal lap ia mampu masuk 3 besar, namun Stoner tak dapat melawan kehebatan Lorenzo, Melandri, Pedrosa dan bahkan Davizloso sekalipun dalam sirkuit di Le mans ini.


Berikut hasil 10 besar MotoGP Le Mans


Position and Name --> Team


1. Jorge Lorenzo --> Fiat Yamaha Team


2. Marco Melandri --> Hayate Racing Team


3. Dani Pedrossa --> Repsol Honda Team


4. Andrea Davizloso --> Repsol Honda Team


5. Casey Stoner --> Ducati Marlboro Team


6. Chris Vermeulen --> Rizla Suzuki MotoGP


7. Colin Edwards --> Monster Yamaha Tech 3


8. Loris Capirossi --> Rizla Suzuki MotoGP


9. James Toseland --> Monster Yamaha Tech 3


10. Toni Elias --> San Carlo Honda Gresini



Note : Rider andalan saya yang lain yaitu Nicky Haiden hanya mampu berada di posisi ke- 12.

1 comment:

  1. Hi,

    Yaah biar bagaimanapun Rossi adalah manusia biasa yang ndak luput dari kesalahan...semoga sang maestro tidak melakukan kesalahan lagi di MUGELLO,kalau sampai kalah di kampungnya wuih pasti kita2 bakal ikut sedih juga

    ReplyDelete

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE