Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Monday, April 20, 2009

Jika anak mimpi buruk


Seringkali kita mendapati anak kita terbangun dari tidurnya dan berteriak seolah-olah sedang ketakutan. Sobat bunda jangan kuatir dahulu, mungkin saja sang anak baru saja mengalami mimpi buruk. Tindakan yang bijak dari sobat bunda, bisa menenagkan sag anak dan membuatnya tidak trauma terhadap mimpi buruk itu. Simak kiat-kiatnya berikut ini:

Jika sobat bunda terkejut oleh teriakan dan tangisannya, jangan sekali-kali memarahinya apalagil sampai membentaknya ketika ia trbangun dari mimpi buruknya. Ini akan bisa membuat anak anda semakin takut dan trauma. Si kecil yang baru saja mengalami mimpi buruk tentu membutuhkan suatu ketenangan dan bukan amarah yang justru menciptakan mimpi buruk lain baginya.

Satu hal yang penting saat anda mengetahui si kecil mengalami mimpi ialah jangan panic terlebih dahulu. Jika sobat bunda bersikap panik, maka sang anak juga akan semakin panik. Sebaiknya berusahalah untuk bersikap santai agar anda juga bisa menenangkan buah hati anda. Ciptakan suasana nyaman di hatinya dengan mengusap rambut, memberikan pelukan hangat atau dengan kata-kata sederhana seperti “Tenang sayangku, bunda ada disini menemani kamu”. Si kecil tentu akan merasa bahagia karena disampingnya selalu ada orang-orang tersayang yang menemani dan menjaganya.

Bila si kecil masih terus saja ketakutan, cobalah ajak dia untuk bercerita mengenai mimpinya. Hal ini mungkin bisa membuatnya tenang karena si kecil akan merasa memiliki teman untuk berbagi. Dengn bercerita secara langsung sobat bunda juga mengajarkannya untuk belajar berbagi dan terbuka terhadap orang lain, terutama ayah bundanya. Setelah anak bercerita, jelaskan kepadanya mengenai arti mimpi dan yakinkan kepadanya bahwa mimpi hanyalah bunga tidur dan tidak berarti apa-apa. Jelaskan arti mimpi: Yakinkan kalau mimpi itu tidak berarti apa-apa, mimpi hanyalah bunga tidur.

Biasakan untuk menyediakan air minum di dalam kamar si kecil. Letakkan minuman itu di tempat yang mudah dijangkau oleh si kecil seperti disamping meja tidurnya. Minum air bisa meredakan kepanikan dan ketegangan si kecil kala mimpi buruk datang mengganggunya.

Comments :

0 komentar to “Jika anak mimpi buruk”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE