Your Ad Here
Lilypie Kids birthday PicLilypie Kids birthday Ticker
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Friday, March 27, 2009

Mainan perangsang kecerdasan bayi

Mainan adalah salah satu perlengkapan penting yang bisa kita sediakan saat kita akan menyambut kehadiran buah hati dalam keluarga kita.. kalo ngeliat mainan iqi sekarang, duh...buanyak banget.. jadi heran nie, sebenarnya yang nafsu beli mainan, anaknya atau orangtuanya nie..?%##$ hehe...
tapi sebenarnya ada 4 mainan murah (lumayan tuk budget) yang bisa dijadikan alternatif utama lho..bukan cuma murah, tapi juga bermanfaat untuk merangsang kecerdasan bayi. wajib ditengok nie.. :)
Bola-bola kecil beraneka warna
Cara permainan : Gerakkan bola-bola tersebut ke arah kiri dan kanan hingga merangsang perhatiannya dan membuatnya tersenyum. Biarkan si kecil mengenal bentuk bola tersebut dengan menyentuhnya.
Manfaat : Eksplorasi ini akan membantu merangsang kemampuan motorik bayi, merangsang indera penglihatan. Dengan latihan terus-menerus kedua matanya akan berfungsi optimal. Si kecil akan mampu melihat objek yang dilihat dengan jelas, dan bisa fokus ketika melihat benda dari jarak yang berlainan.
Boneka/Mainan/Gambar Menarik
Caranya : Bentangkan tali di antar dua sisikanan dan kiri tempat tidurnya. Kemudian, gantungkan boneka/mainan/gambar yang menarik perhatiannya dnegan posisi persis di atas wajah bayi. Pastikan talinya terikat erat dalam posisi tegang agar tidak mudah jatuh ke wajah bayi.
Pilihlah bentuk binatang yang lucu-lucu seperti itik, burung, gajah atau sapi. Usahakan warnasetiap boneka berlainan agar si mungil belajar mengenal warna. Gerak-gerakkan gantungan itu untuk menarik perhatian si kecil. Jelaskan satu persatu nama-nama binatang/gambar tersebut.
Manfaat : Bayi akan belajar mengetahui perbedaan masing-masing bentuk mainan yang digantung. Pada tahap berikutnya, tanga si kecil akan menggapai mainan tersebut sehingga kemampuan motoriknya terasah.
BALON
Caranya : Sediakan berbagai bentuk balon. usahakan bentuk balon tidak hanya berbentuk bulat/lonjong, tapi bisa juga panjang atau menyerupai bunga matahari. Warna balon pun sebaiknya warna-warni untuk mengasah kemampuan indera penglihatan. Sesekali lepaskan tali balon dan biarkan si kecil memerhatikan pergerakan balon tersebut saat melayang perlahan. pemandangan ini akan membuatnya terkagum-kagum, sementara rasa ingin tahunya akan bertambah.
Manfaat : bayi belajar memfokuskan indera penglihatan dan akan mampu mengenal macam-macam warna.

Comments :

0 komentar to “Mainan perangsang kecerdasan bayi”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE