Your Ad Here
Related Posts Widget for Blogs by LinkWithin

Myspace Calendars, Fun Calendars at WishAFriend.com
Blog Widget by LinkWithin

Friday, April 17, 2009

Mengukur Lingkar kepala anak



Ukuran lingkar kepala anak


Hingga saat ini, belum ada ukuran baku untuk ukuran lingkar kepala. Pada Kartu Menuju Sehat (KMS) dapat ditemui kurva yang menggambarkan perkembangan ukuran lingkar kepala anak. Ukuran lingkar kepala yang normal pada dasarnya tergantung usia dan jenis kelamin anak.



Umumnya, bayi yang lahir cukup bulan akan memiliki ukuran lingkar kepala 34cm. dalam tiga bulan selanjutnya akan bertambah sebanyak 2cm. Di usia 6 bulan, lingkar kepala bayi rata-rata 44cm, umur 1 tahun sekitar 47cm, kemudian umur 2 tahun sekitar 49cm. Bandingkan hasil ukuran yang didapat dengan grafik ukuran lingkar kepala dari Nellhaus yang terdapat pada buku catatan bayi.


Bila kurvanya masih dalam range yang ada, dan lebih kurang “sejajar” dengan kurva yang normal, berarti perkembangan kepalanya normal. Dengan kata lain, pertambahan lingkar kepala dianggap tidak normal jika lebih kecil atau melebihi 2 SD (standar deviasi) dari angka rata-rata.



Disarankan agar orangtua memantau perkembangan ukuran lingkar kepala secara rutin setiap 1 atau 2 bulan sekali sampai anak 2 tahun. Untuk mengukur lingkar kepala dapat menggunakan alat meteran. Diukur memutar dari tengah dahi, lalu keliling ke bagian belakang kepala yang tidak menonjol.

Comments :

0 komentar to “Mengukur Lingkar kepala anak”

Post a Comment

comment here..

visitor counter


 

Copyright © 2009 by FREE 2 BE